Kucrietzlophbatman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

HARMFUL ALGA BLOOM CYANOBACTERIUM Microcystis aeruginosa

Posted by kucrietz yuga pada Mei 16, 2008

Harmful Alga Bloom (HAG) adalah istilah generik yang digunakan untuk mengacu pada pertumbuhan lebat mikroalga (plankton) di laut atau di perairan payau yang dapat menyebabkan kematian massal ikan, mengontaminasi makanan bahari (seafood) dengan toksin (racun yang diproduksi oleh mikroalga), sehingga mengubah ekosistem sedemikian rupa sehingga dipersepsikan manusia sebagai mengganggu (Geohab, 2000 dalam Sunrise, 2007). HAB dapat menyebabkan berubahnya warna air laut. Faktor yang dapat memicu terjadinya ledakan populasi fitoplankton tersebut diantaranya yaitu faktor alam yang dipicu oleh adanya pengayaan hara dari daratan yang menyebabkan terjadinya eutrofikasi (proses perkembangbiakan tumbuhan air dengan cepat karena memperoleh zat makanan yang melimpah akibat pemupukan yang berlebihan). Selain itu adanya faktor manusia yang dipicu oleh pembuangan limbah gas amoniak (NH3) secara besar-besaran di udara. Cyanobacterium merupakan kelompok fitoplankton berbahaya dan merusak ekosistem perairan jika berada dalam kondisi sangat berlimpah. Plankton tersebut sewaktu-waktu dapat melimpah di perairan akibat kemampuannya mengikat nitrogen secara langsung dari udara. Microcystis aeruginosa merupakan anggota Cyanobacterium yang memiliki variasi tinggi dalam morfologi, toksisitas dan nilai pertumbuhan populasi maksimumnya. Nilai pertumbuhan ini ditentukan oleh variasi genetik sehingga berpotensi untuk terjadinya HAB. Wilson et al (2006) dalam sebuah studinya menyatakan bahwa nilai pertumbuhan Microcystis aeruginosa tidak mempengaruhi produksi toksin bagi masing-masing organismenya. Namun, bila nilai pertumbuhan ini maksimum pada taraf populasi hingga menimbulkan HAB maka tetap saja akan menjadi ancaman karena produksi toksin bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah organisme.

Nama : Citra Dewi Febriani

NIM : B1J006149

https://kucrietzlophbatman.wordpress.com

kucrietz_1022ak@yahoo.co.id

Sumber :

Alan E. Wilson, Whitney A. Wilson, and Mark E. Hay (2006) Intraspecific Variation in Growth and Morphology of the Bloom-Forming Cyanobacterium Microcystis aeruginosa Appl. Envir. Microbiol. 72: 7386-7389. [Abstract] [Full Text] [PDF]

Sunrise, I. 2007. Air Laut Merah Rambah Perairan Aceh. http://www.acehforum.or.id/fenomena-air-laut-t5393.html?p=41669 . Diakses tanggal 15 Mei 2008.

Satu Tanggapan to “HARMFUL ALGA BLOOM CYANOBACTERIUM Microcystis aeruginosa”

  1. fuadyfabiounsoed said

    1. maaf saya belum terlalau mengerti mengenai eutrofikasi, mungkin anda bisa jelaskan dengan contoh untuk memantapkan pemahaman saya, makacih ya?

    2. apakah Harmful Alga Bloom (HAG) ini sering terjadi di indonesia?

    3. selain faktor diatas adakah faktor lain yang menyebabakan terjadinya ledakan populasi dan berubahnya air laut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: